Yuk, Cegah Overspending!

Jujur deh, apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa mencegah pengeluaran yang berlebih, atau kamu cukup apik mengatur arus keuangan yang masuk & keluar?

Kalau kamu tipe yang tidak bisa mengatur pengeluaran dan berujung overspending, sebaiknya mulai segera cegah dan diatur, supaya kondisi keuangan kamu bisa segera diperbaiki.

Sebab Overspending

1. Mengikuti Hawa Nafsu

Belanjanya sih nggak mahal, tapi banyak dan sering. Nah, bisa jadi kamu cuma ikutin hawa nafsu dan “laper mata” sesaat. Coba diliat lagi, apakah barang-barang yang kamu beli tersebut sudah sesuai kebutuhan atau belum? Atau memang hanya mengikuti Hasrat yang menggebu-gebu dengan alasan “Yah, kalau nggak sekarang, nanti nyesel dong kalau nggak dibeli”.

2. Ikut Teman

Sering nggak sih kamu nggak bisa menolak ajakan teman untuk sekadar nongkrong lucu? Nongkrongnya sih lucu, tapi harganya nggak lucu, karena dana yang kamu habiskan tiap habis nongkrong, tentunya cukup fantastis.

Coba kamu hitung-hitung lagi, deh, tiap nongkrong sama teman kamu, berapa biaya yang bisa kamu habiskan tiap minggunya?

Belajar menolak ajakan teman kamu. Misalnya, jangan terlalu sering nongkrong, karena memang kamu lagi ada kebutuhan yang mengharuskan untuk sering nabung. Atau sibukkan diri dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, bahkan bisa menghasilkan uang tambahan.

3. Menjadikan Diskon Sebagai Alasan

Diskon bisa jadi salah satu godaan yang paling nggak bisa kamu tahan. Apalagi tergiur dengan harga yang super murah (padahal, jika dihitung-hitung, harga diskon tersebut sudah dinaikkan terlebih dahulu dari harga normal dan diganti dengan harga coret).

Salah satu cara untuk menghindari pengeluaran dari godaan diskon adalah dengan menetapkan terlebih dahulu kebutuhan apa yang paling dibutuhkan. Buat daftar kebutuhan, sesuai dengan list yang kamu buat. Dari situ akan terlihat, apakah barang diskonan yang kamu incar perlu dibeli atau tidak.

Cara Mengatasi Overspending

Alokasikan sebagian dana yang kamu miliki ke dalam aplikasi penyimpanan dana. Misalnya, sisihkan uang mu ke Investasi Uang Receh, Investasi Emas Instan SiManis. Atau beli asuransi terbaik dari OTTO dengan harga terjangkau, seperti MyGadget dan Asuransi Kesehatan Receh.

#Overspending #PengeluaranBerlebih #OTTO #Investasi #InvestasiUangReceh #InvestasiEmasInstanSiManis #Asuransi #AsuransiKesehatanReceh #MyGadget